Langkah-langkah mengaktifkan AKUN INSTITUSI/AKUN SEKOLAH, akun institusi sekolah yang berupa angka NPSN/SIAP ID hanya bisa digunakan untuk mengelola akun yang ada dibawah naungan sekolah tersebut, yaitu akun Admin Sekolah, PTK dan Siswa. Untuk mengaktifkan akun institusi sekolah, ikuti langkah-langkah berikut ini :
Langkah Awal Mendaftarkan Email ke SIAP Komunitas
1. Pertama siapkan laptop/PC yang sudah terhubung ke internet/bisa menggunakan modem.
2. Siapkan email sekolah masing-masing yang masih aktif.
3. Buka aplikasi browser, disarankan menggunakan aplikasi ”Google Chrome”
4. Tulis alamat http://padamu.siap.web.id di addressbar kemudian tekan enter. Lihat panah pada gambar berikut.
5. Tunggu sampai jendela Padamu terbuka, kemudian klik tombol “Login Admin/Operator Sekolah”. Lihat panah pada gambar berikut.
6. Kemudian muncul jendela Login/Masuk, lalu klik “Mendaptar”. Lihat panah pada gambar berikut.
7. Kemudian muncul jendela pendaftaran email (tuliskan email yang aktif di kotak “Email Saya”), lalu klik lanjut.Lihat panah pada gambar berikut.
8. Isi semua data rinci sampai selesai, kemudian klik “Lanjut”. Lihat panah pada gambar berikut.
9. Langkah akhir membuat password baru (usahakan password sama dengan password email), jika selesai klik “Lanjut”. Lihat panah pada gambar berikut.
Langkah pertama mendaftarkan email sudah selesai...
Mengaktifkan Akun Institusi Sekolah
10. Seperti biasa ketik alamat http://padamu.siap.web.id di addressbar,lalu lakukan cara seperti langkah 4 dan 5 di atas, kemudian login menggunakan NPSN sekolah anda, lalu klik “Masuk”.
11. Setelah login, maka anda akan ditampilkanke halaman seperti dibawah ini. Lakukan klik Kelola Akun Institusi.
12. Pilih menu Kelola Grup Akun> Daftar Anggota Grup Admin. Lihat panah pada gambar berikut.
13. Klik icon Tambah (+). Lihat lingkaran pada gambar berikut.
14. Masukkan email pribadi Admin Sekolah, kemudian klik tombol Cek Email. Pastikan email sudah terdaftar di layanan SIAP Komunitas, jika belum terdaftar silakan didaftarkan terlebih dahulu ke http://siapku.com (https://paspor.siap-online.com/registrasi/). Jika sudah terdaftar lanjut ke langkah berikutnya.
15. Jika email sudah benar dan terdaftar di SIAP Komunitas maka akan dimunculkan biodata dari pemilik akun tersebut, klik tombol Simpan.
16. Cetak Surat Akun dan lakukan aktivasi sesuai perintah yang tertera pada Surat Akun tersebut. Tips jika anda tidak terhubung dengan printer pada saat proses pendaftaran akun institusi ini, ada dapat mencetak surat aktivasi akun institusi ini di lain waktu dengan jalan menyimpan terlebih dahulu dengan format PDF menggunakan browser google chrome. dengan cara CTRL + P > Save As PDF.
17. Setelah selesai, lakukan LOGOUT dari login anda yang menggunakan Akun Institusi Sekolah (SIAP ID Sekolah) dengan mengklik tombol logout. Lihat panah pada gambar berikut.
18. Kunjungi lagi alamat http://padamu.siap.web.id lalu lakukan cara seperti langkah 4 dan 5 di atas, selanjutnya login menggunakan email yang telah didaftarkan tadi. Lalu klik ”Masuk”.
19. Akan dimunculkan Dasbor Layanan, pilih PADAMU SEKOLAH.
20. Masukkan Kode Aktivasi yang terdapat pada Surat Akun (S01c), kemudian klik tombol Aktivasi.
Selamat Akun Institusi/Akun Sekolah anda sudah berhasil di aktivasi...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar